You are here

BKD Madina Usulkan 500 CPNS Jalur Umum

PANYABUNGAN, MANDIRI

Tahun 2013 ini, 500 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari pelamar umum telah di usulkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

“Yang kita ajukan 500 orang untuk beberapa formasi. Namun, keputusannya belum kita terima sampat saat ini. Kita berharap usulan kita itu diterima oleh Menpan RB dan BKN. Rencananya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan mengadakan seleksi CPNS pada September mendatang. Mengenai rincian nanti kita sampaikan karena saya lagi di luar kota,” ucap Kepala BKD Madina Syahdan Lubis AP melalui Kabid Pengembangan Dahyar kepada wartawan baru-baru ini
Sementara itu, Ketua Pekerja Sosial Masyarakat Madina, Ahmad Suheri Nasution berharap penerimaan CPNS tahun ini agar dilakukan transfaran dan jauh dari praktik kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).

“Penerimaan CPNS ini akan mewujudkan tenaga kerja pemerintahan yang baru, dan untuk menghindari terjadinya praktik suap dan KKN seperti yang kerap terjadi, perlu diberlakukan sistem yang transfaran oleh BKD atau pemkab Madina, karena itu akan mewujudkan daya saing yang berprestasi untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkompeten dan jauh dari generasi pemerintah yang korupsi,” kata Suheri yang juga dikenal sebagai pengusaha muda itu.

Dikatakan Suheri, penerimaan CPNS sering dijadikan sebagai lahan bagi sejumlah oknum untuk meraup uang puluhan hingga ratusan juta per calon. Seperti banyaknya calo yang menjanjikan bisa memberikan kelulusan.

“Untuk itulah alangkah bagusnya jika sudah mulai tahapan penerimaan dibentuk kerja sama antara lembaga hukum yang bersifat independen untuk mencegah kecurangan,” katanya. [msp]

Rubrik: 

Add new comment