You are here

Dana BOS Deli Serdang Rawan Korupsi?

 

LUBUK PAKAM, MANDIRI
DIperkirakan  milyaran rupiah Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk siswa Tingkat SD dan SMP di Kabupaten Deli Serdang diduga tak jelas penyalurannya oleh kepala sekolah, sehingga mengakibatkan proses belajar mengajar  terganggu.
Menurut sumber ke Mandiri,  modus indikasi korupsi  dana BOS itu nyaris tidak dapat ditelusuri oleh siapapun,karena jaringan cukup rapi.
Salah satu contoh kecil antara lain masih adanya tagihan penerbit kepada sejumlah kepala sekolah walau tahun anggaran  berjalan sudah terlewati belum dilunasi kepala sekolah.
Disamping itu dengan modus lain adalah dengan tidak menyalurkankan dana BOS tersebut secara menyeluruh, namun pertanggung jawaban dibuat sang kepala sekolah dengan menerbitkan kwitansi pembelian barang dari penerbit atau penyedia jasa lainnya yang jumlahnya sesuai dengan kenyataan.
Diduga praktek korupsi dana BOS ini sudah  lama berjalan mulus dan bukan rahasia umum namun tidak ada yang perduli dengan permainan tersebut.
Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Hj.Saadah Lubis Kadis Pendidikan dan Pengajaran Kab.Deli Serdang ketika coba dikonfirmasi Mandiri dikantornya, ternyata tidak berada di tempat, salah seorang yang mengaku staf menyarankan kalau mau jumpa Senin aja datang. [lon]
Rubrik: 

Add new comment