You are here

Pemkab Tobasa Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Balige

 
TOBASA, MANDIRI
Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyalurkan bantuan sosial berupa peralatan dapur, beras, indomie, seragam sekolah SD/SMP/SLTA dan tikar kepada 5 Kepala Keluarga korban kebakaran dikomplek Pargodungan Balige, Kelurahan Balige I, tepatnya di ruangan SD HKBP 1 Balige, Minggu (17/2).
Bantuan diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Drs Liberty Pasaribu SH MSi didampingi Staf Ahli Bupati Sangkap Pasaribu, Tito Siahaan, Asisten Pemerintahan Wasir Simanjuntak, Kepala Dinas Sosial dr Pontas Batubara, Wakil Ketua TP.PKK Ny. Agustina Sambenga Liberty Pasaribu, Camat Balige Sahala Siahaan, dan Kabag Humas Elisber Tambunan sesaat setelah Wabup “manjomput sipir ni tondi”, kepada seluruh keluarga korban.
Wabup Liberty Pasaribu mengaku pihaknya turut merasakan apa yang dirasakan para korban kebakaran. Liberty mengatakan musibah itu adalah ujian. Karenanya dia mengajak para korban tabah dan berdoa kepada Tuhan, agar diberi kekuatan, dan tidak larut dalam kesedihan.
“Kami percaya, dibalik musibah ini Tuhan punya rencana baik, untuk itu tetaplah berdoa,” ajak Wabup.
Salah satu korban kebakaran Ramlan Napitupulu, mewakili korban lainnya yakni Partumpuan Lumbantoruan, Tumambor Simanjuntak, Poltak Siahaan dan Pesta boru Simatupang mengakui pihaknya sangat apresiatif terhadap kehadiran Wabup Liberty Pasaribu dan rombongan untuk memberikan kata-kata penghiburan serta bantuan dengan menyampaikan ucapan terimakasih.
“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang hadir memberikan kata penghiburan dan bantuan untuk mengurangi beban kami, dan kami yakin Pemkab Tobasa akan selalu respon terhadap masyarakatnya yang membutuhkan bantuan,” sebutnya.
Ramlan menjelaskan, akibat peristiwa kebakaran ini, seluruh peralatan rumah tangga dan surat-surat berharga lainnya turut hangus terbakar, tidak ada yang tersisa. Karenanya Ramlan mengharapkan, Kapolsek Balige dapat membantu korban, dengan menerbitkan surat keterangan agar dapat mengurus pengganti surat-surat penting yang terbakar, seperti ijazah, KTP, KK dan Surat Kendaraan bermotor yang turut hangus dilalap si jago merah.
“Kami berharap Kapolsek dapat membantu kami. Begitu juga Pemerintah Kabupaten Tobasa melalui instansi terkait,” pinta Ramlan.
Menanggapi permohonan Ramlan, Kapolsek AKP Gibson Siagian mengatakan siap membantu para korban dan menerbitkan surat keterangan untuk pengurusan pengganti surat-surat penting dimaksud.
“Kami siap membantu, gratis. Kapan saja dibutuhkan, silahkan datang ke Kantor Polsek Balige, kami akan layani dan akan menerbitkan surat keterangan yang dibutuhkan,” kata Gibson
Mendampingi Wakil Bupati hadir juga, Kadis Pertanian Parlindungan Simanjuntak, Kakan Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Kakan BPBD Bongit Simanjuntak, Kadis Dukcatpil Rosita Siagian, Kadis Pasar Hamonangan Rajagukguk, Sekwan Ady Murphy Sitorus dan Kabag Ortala Marlindo Sibarani.
Untuk diketahui, peristiwa kebakaran ini terjadi Sabtu (16/2) sekitar pukul 16.30 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun seluruh harta benda korban tidak ada yang bisa diselamatkan.
Untuk memadamkan api yang melalap kelima pintu rumah tersebut, tiga unit mobil Pemadam Kebakaran milik Pemkab Tobasa  diturunkan ke lokasi. Dengan dibantu warga masyarakat, api dapat dipadamkan sekitar setengah jam kemudian. Dari kelima rumah yang terbakar, empat diantaranya ludes hingga rata dengan tanah.
Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian dilokasi kejadian menyebutkan, untuk sementara ini diduga kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek dari salah satu rumah korban. Kerugian yang dialami korban akibat peristiwa ini belum bisa ditaksir. [as]
 
Rubrik: 

Add new comment