You are here

SMAN 1 Mata Uli Tapteng Juara I Cerdas Cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa

 
MEDAN, MANDIRI
SMAN 1 Mata Uli Pandan Kabupaten Tapteng juara pertama lomba cerdas cermat 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara jenjang SMA negeri dan swasta tingkat Provinsi Sumut dan menjadi wakil Sumut di putaran final tingkat nasional yang akan dilaksanakan Agustus 2013 mendatang di Jakarta.
Untuk juara kedua diraih SMAN I Sidikalang Kabupaten Dairi dan juara ketiga SMAN 1 Gunung Sitoli Kota Gunung Sitoli. Pelaksanaan lomba cerdas cermat berlangsung 25 sampai 29 Januari 2013 itu dari 18 kabupaten/kota se Sumut yang mengikutinya bekerjasama dengan Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI).
Plt Gubsu diwakili Kabid Dikmenti Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dra Hj Latifah Hanum Daulay MSP ketika membuka lomba cerdas cermat di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kependidikan (P4TK) Jl Setia Budi Helvetia Medan, Senin (28/1) mengharapkan melalui kegiatan ini siswa pemenang lomba terus dibekali pelatihan dan pendidikan.
“Semua siswa peserta telah menunjukkan prestasi yang baik, walaupun hanya tiga kelompok yang juara namun bagi Provinsi Sumut, kegiatan ini merupakan perekat tali persaudaraan antar sesama siswa dari kabupaten/kota yang selama mengikuti kegiatan ini cukup solid dan penuh kekeluargaan,” ujarnya.
Ia berharap tim Sumut nantinya akan mampu meraih prestasi maksimal di tingkat nasional dan terus berupaya menjadi siswa terbaik di Indonesia. Untuk itu, Pemprovsu mendukung program ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa terhadap 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut.
Ketua Panitia kegiatan August Sinaga S.STP yang juga Kasi SMA Disdiksu mengatakan, peserta lomba cerdas cermat ini diikuti 18 SMA negeri dan swasta yang diikuti sebanyak 10 orang siswa tiap sekolahnya, meliputi materi pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. 
Peserta yang mengikuti lomba cerdas cermat antara lain, SMAN 1 Medan, SMAN 2 Padang Sidempuan, SMAN 1 Tebing Tinggi, SMAN 1 Gunung Sitoli, SMAN 1 Tanjung Balai, SMAN 1 Sei Rampah Sergei, SMAN 1 Padang Bolak Paluta, SMAN 2 Pangururan Samosir.
Selanjutnya, SMAN 1 Kisaran Asahan, SMAN 1 Teluk Dalam Nias Barat, SMAN 1 Mandrehe Nias Barat, SMAN 1 Balige Tobasa, SMAN 1 Sipirok Tapsel, SMAN 1 Sidikalng Dairi, SMAN 1 Kota Pinang Labusel, SMAN 1 Raya Simalungun, SMAN 1 Mata Uli Pandan Tapteng dan SMAN 1 Stabat Langkat.
Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berkonstitusi melalui pemahaman aturan dasar bernegara, khususnya di kalangan generasi muda, membangun dan membina persahabatan antar generasi muda yang dapat memperkokoh persatuan bangsa.
Dari 18 sekolah yang mengikuti seleksi pelaksanaan lomba cerdas cermat itu terdapat 3 SMA yang masuk dalam putaran final di tingkat provinsi. Juri pada lomba ini berasal dari pusat dan juri daerah Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dan 1 juri dari anggota DPRD Sumut. 
Kepada seluruh pemenang mendapatkan hadiah tropi dan uang pembinaan masing-masing juara I memperoleh Rp 10 juta, juara II sebesar Rp 8 juta dan juara III sebanyak Rp 6 juta. [nsr]
Rubrik: 

Add new comment